Langsung ke konten utama

Pembangunan RKB Di SDN 001 Babulu

Pembangunan Ruang Kelas Baru
Pembangunan bangunan di SDN 001 Babulu, untuk kelas para siswa. Karena para siswa yang berada di kelas satu, akan dipindahkan sebab ruangan kelas satu dijadikan ruangan rapat. Itulah info sementara yang ku ketahui, karena sampai sekarang, ruangan kelas baru itu belum dipakai juga. Mungkin karena belum adanya meja, kursi dan papan tulis.

Spanduk Pembangunan RKB
Pembangunan ini, yang tertulis untuk Bangunan RKB (Ruang Kelas Baru) kalau ndak salah itulah arti dari singkatannya. Pembangunan Ruang Kelas Baru ini, ditargetkan selama 90 hari atau 3 bulan. Yang juga para tukangnya, menyewa tempat tinggal sementara dekat dengan tempat pembangunan ini..

Beberapa hal yang ku ketahui selama proses Pembangunan Ruang Kelas Baru di SDN 001 Babulu


1. Para anggota tukang menyewa tempat tinggal dekat dengan SDN 001

Mereka sebelumnya tinggal di ruangan kelas, dekat dengan bangunan yang akan mereka kerjakan. Karena waktu itu mereka mulai bekerja, ketika liburan kenaikan kelas. Sehingga ruangan kelas, ndak ada kegiatan mengajar sebab libur.

Tetapi akan mendekati selesai liburan, ruangan kelas itu akan kembali digunakan, sebagai tempat kegiatan mengajar seperti biasanya. Menyebabkan mereka ndak bisa, untuk tinggal di ruangan kelas lagi. Maka mereka menyewa bagian ruangan tempat sewa.

Sehingga tempat sewa mereka berjarak cukup dekat, dengan tempat bangunan yang akan mereka kerjakan. Mereka membutuhkan beberapa ruangan untuk disewa, karena anggota para tukang bangunan ini lumayan banyak.


2. Letak bangunan Ruang Kelas Baru

Letak bangunan baru ini, seperti berada di luar bangunan ruangan kelas lainnya. Karena, ruangan kelas lain berposisi seperti persegi bila dilihat dari atas atau denah. Dan bagian tengahnya ada lapangan, yang biasanya di jadikan lapangan upacara bendera pada setiap hari Senin.

Tetapi bila dilihat dari atas atau denah, bangunan baru ini berada di luar bentuk persegi dari bangunan ruangan kelas lainnya, mungkin dikarenakan sudah ndak ada tempat lagi untuk membangun bangunan baru ini. Sehingga ditempatkan di luar bangunan kelas lainnya.

Bangunan RKB Dekat Pagar Kuburan
Selain berada di luar bangunan kelas lainnya, letak bangunan ini juga berada di depan kuburan. Tapi tenang saja, karena sekarang kuburan itu sudah dipagari dengan beton yang lumayan tinggi. Sehingga kuburan sudah ndak terlihat lagi.

Ndak seperti ketika aku masih bersekolah di SDN 001 dulu, waktu itu pagar kuburan hanya terbuat dari kayu, tingginya hanya sepinggang dan susunan kayu berjarak. Sehingga kuburan masih terlihat oleh anak sekolah kalau ke belakang kelas. Letak bangunan ini juga berada di belakang perumahan guru.

3. Menggusur beberapa tempat sebelumnya

Sebelum dibangunnya Ruangan Kelas Baru, tempat itu ada kantin yang berada di paling ujung. Sedangkan di tengahnya adalah lapangan olah raga yang pernah dijadikan lapangan putsal, voli dan bulu tangkis. Selain itu ada tempat pembakaran sampah juga di sekitar situ.

Untuk membangun bangunan baru ini, maka beberapa tempat itu harus diratakan agar dapat dibangun lagi. Ketika penggusuran kantin, beberapa penjual yang sudah lama menyewa di situ, merasa sedikit kecewa. Karena harus memindahkan semua barang dagangannya, kantin itu dipindahkan dekat ruangan kelas 6 sekarang.

Kantin Dekat Bangunan RKB
Tapi, ada juga beberapa penjual yang membuat tempat jualan, yang masih dekat dengan bekas kantin lama. Mungkin karena lebih ramai, bila berjualan dekat tempat bekas berjualan mereka dulu. Dikarenakan membuka kantin dekat dengan pembangunan, banyak anak-anak yang mendatangi kantin itu.

Membuat sedikit mengganggu pekerjaan, terutama penguruk tanah. Membawa tanah menggunakan argo dari depan jalan masuk kuburan, ke tempat Bangunan RKB, harus berusaha menghindari anak-anak, baik dari TK maupun SD yang ingin ke kantin itu.

Selain kantin, di tempat ini juga dulunya ada lapangan Olahraga yang digunakan untuk lapangan bulu tangkis, voli dan putsal. Tetapi untuk Pembangunan Ruang Kelas Baru, maka lapangan ini bagian permukaannya di hancurkan dan digali. Karena bagian permukaan ini terbuat dari semen.

Setelah pengeluaran bekas puing-puing semen, dari lapangan tadi akan dibuat pondasi. Di dalam pondasi itulah, akan diberi tanah uruk. Agar bagian ruangan dalam bangunan ini dapat rata, ketika diberi coran dan keramik.

Bekas Pembakaran Dekat Bangunan RKB
Di dekat lapangan tadi, ada juga tempat pembakaran sampah. Karena tempat pembakaran sampah ini, terlalu dekat dengan bangunan Ruangan Kelas Baru. Maka tempat pembakaran sampah ini juga, ndak dipakai lagi agar ndak mengganggu.

4. Penebangan pohon untuk peletakan papin jarak 3 meter

Banyaknya pohon yang ada di depan bangunan Ruang Kelas Baru ini, sehingga para tukang ndak bisa memasang papin, karena terbatas ruang oleh pepohonan. Maka dari itu, beberapa pohon di tebang, menggunakan sinso'. seperti satu pohon mangga dan beberapa pepohonan besar lainnya..

Untuk merubuhkan pohon mangga ndak terlalu sulit, karena pohonnya ndak terlalu besar dan ndak tinggi. Agar dapat merobohkan pohon mangga sesuai dengan arah yang dinginkan, maka ada pemanjat yang menggergaji dahan di salah satu bagian pohon, sehingga pohon berat sebelah dan ke arah yang dinginkan.

Selama angin masih tenang, dan pohon mangga sudah sedikit miring karena pemangkasan tadi. Miring pohon harus ke arah yang dinginkan. Sehingga pohon mangga roboh ke arah yang dinginkan dan ndak merusak bangunan, yang sangat dekat dengan pohon mangga itu.

Yang lumayan susah adalah merobohkan pohon yang tinggi dan besar. Karena bila salah roboh, bisa mengenai bangunan yang ada di dekatnya. Bangunan itu antara lain bangunan Ruang Kelas Baru, bangunan kelas lama dan perumahan Guru.

Selain itu juga memperhatikan arah angin, bila angin terasa kencang maka ndak dulu menebang pohon. Menebang pohon dimulai kembali, bila angin sudah terasa tenang kembali. Untuk merobohkan pohon yang besar-besar, juga dibutuhkan bantuan para tukang untuk menarik pohon, ke arah yang diinginkan secara beramai-ramai.

Terakhir ku ketahui, untuk memperluas halaman Bangunan Ruang Kelas Baru ini. Satu pohon sawit dan beberapa pohon lainnya lagi ditebang. Karena mengganggu dan berbaya untuk kedepannya, bila ruangan sudah digunakan.

5. Bentuk dan posisi bangunan

Perbandingan Bangunan RKB
Kiri Ruangan Kelas Lainnya dan Kanan Bangunan RKB

Perbandingan Bangunan RKB
Dibandingkan dengan bangunan ruangan kelas lainnya, bangunan ini berbeda mulai dari bentuk dan beberapa bahan yang digunakan dalam membangun Bangunan Ruang Kelas Baru ini. Seperti warna cet dan tempat bangunan Ruang Kelas Baru lebih tinggi dari pada bangunan kelas lainnya. Karena posisi tanah tempat bangunan memang lebih tinggi

Itulah beberapa Informasi yang ku ketahui, tentang Pembangunan RKB (Ruangan Kelas Baru) di SDN 001 Babulu. Yang kebetulan juga, pembangunan itu dekat dengan tempat tinggal ku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum Busana Unik Karnaval 17 Agustus Di Babulu

Kostum dan busana unik dalam Karnaval, biasa digunakan oleh setiap peserta Karnaval memang bermacam-macam. Mulai dari kostum busana keren sampai aneh sekalipun dapat dilihat dalam acara Karnaval. Bisa baca juga: Berbagai Acara Rayakan 17 Agustus Di Babulu Acara Karnaval di Babulu untuk memperingati 17 Agustus juga sangat meriah. Banyak peserta antusias untuk mengikuti Karnaval. Para peserta Karnaval menggunakan berbagai kostum busana unik. Mereka menggunakan kostum dan busana dalam Karnaval banyak mengambil berbagai tema, mulai dari tradisional sampai fantasi. Tetapi para peserta tetap akan menggunakan tema berhubungan dengan 17 Agustus tahun ini, Meskipun ada juga beberapa peserta Karnaval yang sedikit keluar dari tema 17 Agustus. Tetapi yang penting Karnaval dapat berjalan dengan lancar dan menampilkan berbagai kostum busana unik. Para peserta Karnaval menggunakan kostum busana unik, ada yang langsung ke tempat peminjaman busana, ada juga menggunakan kostum busana unik

10 Kostum Busana Unik Karnaval 17 Agustus

Menampilkan Kostum dan Busana unik , oleh peserta dalam memeriahkan Karnaval 17 Agustus. Berbagai kostum maupun busana unik, ditampilkan oleh warga Babulu yang mengikuti Karnaval. Mulai dari yang mewah, meriah, mencolok, sampai sederhana tetapi tetap terlihat unik. Acara Karnaval dalam rangka memperingati 17 Agustus, berlangsung sangat meriah. Terlihat banyaknya peserta yang antusias, mengikuti Karnaval dengan menggunakan kostum busana unik mereka. Entah itu kostum atau busana yang mereka buat sendiri dengan kreativitas. Ataupun menyewa kostum dan busana yang menurut mereka unik, untuk di tampilkan di sepanjang jalan raya Babulu. Warga Babulu juga sangat antusias, untuk melihat para peserta dan meramaikan Karnaval. Banyak tema yang digunakan oleh Peserta Karnaval, dalam Kostum dan Busana unik yang mereka kenakan. Mulai dari tema tradisional sampai fantasi, bahkan ada yang menggunakan tema bebas. Bebas menampilkan kreativitas dalam memilih kostum dan busana unik mereka. Beri

Video "Lamaran Si Ma'ul" Cerita Lucu Pendek Durasi 5 Menit

Berikut cerita lucu, video Lamaran Si Ma’ul Ingin berencana melamar pekerjaan, Ma’ul membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. Dimulai dengan mengetok pintu, entah kenapa dia mengurungkan niatnya, mungkin karena ragu. Akhirnya Ma’ul, memutuskan untuk ndak jadi mengetok pintu dan pergi. Memperhatikan sekelilingnya, ndak taunya dia berada di tempat sepi. Ma’ul pergi berjalan tanpa arah dan tujuan, sambil terus melamun. Di sepanjang perjalanan di awali dengan lompatan aneh, kaget menginjak ranting, hampir jatuh terpeleset dan menghindari orang, yang hampir menabraknya. Baru Ma’ul sadari dan kaget, ketika dia berhenti di sebuah kuburan. Ketika Ma’ul berjalan sampai di perkebunan sawit, dia langsung menyapa seseorang yang sedang membersihkan pohon kelapa sawit. Tapi, orang itu ndak mengenali Ma’ul, sebenarnya begitu juga dengan Ma’ul. Mengetahui niat dan maksud Ma’ul, pengurus kebun pun memberikan berbagai pertanyaan. Ma’ul bisa menjawab, semua pertanyaan itu dengan enteng. S