Langsung ke konten utama

9 Kegiatan Bulan Agustus Dirgahayu RI Ke-73

Kegiatan Bulan Agustus

Berbagai Kegiatan diselenggarakan selama bulan Agustus di Babulu. Kegiatan 17 Agustus diselenggarakan, dalam rangka memperingati Dirgahayu RI Ke-73. Sebagai rasa syukur, karena telah merdekanya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.

Berikut Daftar 9 Kegiatan Pada Bulan Agustus Memperingati Dirgahayu RI Ke-73

1. Awal Bulan Agustus

Bendera Merah putih, dikibarkan di masing-masing rumah warga Babulu. Di sepanjang Jalan Raya, akan terlihat berkibarnya Bendera Merah putih. Beberapa desa di Babulu, melakukan kegiatan mengecat pagar rumah mereka, dengan warna Merah putih.

Info Lebih Lanjut :
Danramil 0913-03 Babulu Memotivasi Warga Buat Pagar Merah Putih

Latihan Paskibra di Lapangan Sepak Bola Babulu, sudah dimulai selama sebulan sebelum tanggal 17 Agustus. Mereka merupakan Siswa siswi SMA sederajat, yang di rekrut dari sekolah-sekolah yang ada di Babulu. Merupakan Siswa siswi terbaik di sekolah mereka masing-masing.

Latihan yang lama, keras dan ketat, kadang di awasi oleh Koramil dan Polsek Babulu. Latihan yang dimulai dari pagi, sampai sore hari demi lancarnya kegiatan acara pengibaran Bendera Merah putih pada 17 Agustus. Latihan selain menguras tenaga, juga melatih kedisiplinan.

Info Lebih Lanjut :
Babinsa Koramil 0913-03/Babulu Latih Paskibra Tingkat Kecamatan

2. Pawai Obor Di Babulu HUTPRAM KE-57

Pawai Obor diselenggarakan pada Senin malam, dalam memperingati HUTPRAM Ke-57. Setelah lewat Isya, para Siswa siswi menggunakan seragam Pramuka, berbaris di Lapangan Voli Babulu. Sebelum memulai Pawai Obor, Siswa siswi melakukan upacara pembukaan terlebih dahulu.

Melalui Jalan Raya, Pawai Obor dari Lapangan Voli Babulu menuju SMAN 4 PPU. Selain Siswa siswi ikut Pawai Obor yang antusias, warga juga ikut meramaikan. Berkumpul di depan rumah dan pinggir Jalan Raya yang di lalui Pawai Obor. Ada juga yang ikut berjalan kaki bersama Siswa siswi Pawai Obor.

Sesampai di Lapangan SMAN 4 PPU, dilaksanakan Upacara Ulang Janji. Orang-orang yang menonton bertepuk tangan dan tawa lucu. Karena melihat petugas upacara, merupakan Siswa siswi dari SDN 001 Babulu.

Setelah pidato dari Pembina upacara, dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan tari tradisional. Kegiatan memperingati HUT Pramuka Ke-57, selesai sekitar pukul 11 malam.

Baca Juga Tentang :
Pawai Obor Hari Pramuka Ke 57

3. Lomba Gerak Jalan

Perlombaan Gerak Jalan dimulai dari Lapangan Sepak Bola Babulu. Melalui Jalan Raya sampai ke Finish di Masjid Nurul Hikmah Di Glarak.

Pada Jalan raya telah diberi tanda dari piloks, Post tempat pemberhentian. Di Post itu para peserta Gerak Jalan, memperlihatkan berbagai variasi gerakan mereka. Variasi-variasi mereka akan dinilai oleh para juri di setiap Post.

Kegiatan Acara Perlombaan ini di ikuti oleh Siswa siswi SD, SMP dan SMA sederajat. Agar warga Babulu juga dapat berpartisipasi, bisa ikut melalui Kategori Umum.

Baca Juga Tentang :
SUNGGUH MERIAH, POLSEK BERSAMA KORAMIL DAN PGRI BABULU ADAKAN LOMBA GERAK JALAN

4. Sehari Sebelum Tanggal 17 Agustus

Mempersiapkan Lapangan Sepak Bola Babulu, sebagai Lapangan Upacara Bendera. Mulai dari persiapan tiang bendera dan latihan pengibaran bendera oleh Paskibra Babulu.

Mendirikan dan menata serobong tempat para hadirin, mempersiapkan Podium tempat Inspektur Upacara. Menyiapkan Speaker salon di samping serobong dan mendirikan spanduk 17 Agustus.

Di tempat lain, bahkan ada yang mengadakan acara penikahan. Selain itu ada juga melakukan perlombaan 17 Agustus, khusus untuk anak-anak.

Baca Juga Tentang :
Sehari Sebelum 17 Agustus Di Babulu

5. 17 Agustus Upacara Bendera Di Babulu

Bertepatan pada hari Jumat, 17 Agustus 2018. Diadakan Upacara Bendera di Lapangan Sepak Bola Babulu.

Menunggu Upacara Bendera di mulai, beberapa peserta upacara memilih untuk membeli jajan. Panitia juga memutar berbagai musik, suasana menjadi meriah.

Untuk jaga-jaga bila ada yang memerlukan penanganan medis. Dua mobil Ambulans dan tandu-tandu di belakang barisan sudah siap. Mereka segera sigap, menangani bila ada yang membutuhkan.

Upacara Bendera di Lapangan Sepak Bola Babulu. Dibuka dengan, tari tradisional Kalimantan Timur dan Drama Kolosal Kerajaan Paser. Upacara Bendera dimulai sekitar pukul 9 lewat, Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara.

Pada sekitar pukul 10 lewat, selesainya Upacara Bendera di Lapangan Sepak Bola Babulu. Selesai Pengibaran Bendera Merah putih, dilanjutkan dengan pembagian piala dan piagam. Kepada para pemenang, lomba Gerak Jalan yang diadakan di Babulu.

Baca Juga Tentang :
Upacara Bendera Di Babulu HUT RI Ke-73

6. Lomba-lomba 17 Agustus

Lomba-lomba yang diadakan di Babulu, merupakan lomba 17 Agustus. Seperti panjat pinang, lompat karung, makan kerupuk, dll. Lomba juga ada yang diadakan sebelum tanggal 17 Agustus, yaitu lomba khusus anak-anak.

Selain warga Babulu mengadakan lomba, Polsek Babulu juga mengadakan perlombaan 17 Agustus. Lomba ini berlangsung di halaman depan kantor Polsek Babulu.

Info Lebih Lanjut :
SEMARAKKAN HUT KEMERDEKAAN, POLSEK BABULU ADAKAN BERAGAM JENIS PERLOMBAAN

7. Kurban Di Masjid Besar

Pada bulan ini juga, bertepatan pada Rabu 22 Agustus. Memperingati hari raya kurban atau Idul Ad’ha. Mesjid Besar gelar warga Babulu, melaksanakan Kurban dengan 5 ekor sapi dan 2 kambing.

Penyembelihan dilakukan setelah Sholat Idul Ad’ha dilakukan. Hewan Kurban sudah di siapkan berada di tempat parkir sekitar Masjid. Meski sebagian besar lantai di sekeliling Masjid ini, sudah di semen semua.

Masih ada beberapa tempat yang tidak di semen. Tepat di samping tempat menaruh hewan Kurban. Di tempat itulah merupakan tempat penyembelihan hewan Kurban.

Setelah semua siap hewan Kurban di sembelih, banyak yang ingin melihat. Banyak yang penasaran, meski ada juga yang takut untuk melihat. Selesai dengan sapi selanjutnya lagi dua ekor kambing. Selesai di sembelih hewan-hewan Kurban itu dipotong agar dapat ditimbang dan dibagikan.

Sekitar lewat pukul 1 siang, barulah daging hewan Kurban di bagikan. Warga yang dapat menerima hewan Kurban ini, dengan cara menukarkan kupon yang kemarin telah di bagikan.

Kurban pada hari Idul Ad’ha, tidak hanya dilakukan oleh Masjid besar. Masjid-masjid lainnya di Babulu juga mengadakan pemotongan hewan Kurban.

8. Senam Sehat dan Jalan Santai Kegiatan 17 Agustus

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Pemerintah Desa Babulu Darat, dalam rangka memperingati HUT RI Ke-73. Kegiatan Senam Sehat dan Jalan Santai, sudah diumumkan dua hari sebelumnya.

Dari pagi Peserta dan warga berkumpul di Lapangan Sepak Bola Babulu. Di mulai dengan melakukan senam dan dilanjutkan Jalan Santai. Dengan rute dari Lapangan Sepak Bola Babulu, menuju Lapangan Futsal di Hapco. Lalu kembali lagi ke Lapangan Sepak Bola Babulu melalui Jalan Raya.

Bupati dan Wakil Bupati terpilih PPU juga ikut berpartisipasi dalam Kegiatan Senam Sehat dan Jalan Santai. Polsek, BABINSA, puskesmas juga meramaikan Kegiatan ini. Di tambah lagi dengan pembagian hadiah kepada yang beruntung.

Dimulai pembagian hadiah, pengumpulan sampah sepanjang rute Jalan Santai. Lalu pembagian hadiah, berdasarkan nomor undian dari kupon milik peserta. Ada ratusan hadiah yang telah disediakan, dengan hadiah utama 2 buah sepeda motor.

Tambah meriah dengan hiburan dari penampilan Band lokal. Kegiatan Senam Sehat dan Jalan Santai, berakhir sampai sore hari.

Baca Juga Tentang :
Senam Sehat Dan Jalan Santai Memperingati HUT RI Ke-73

9. Karnaval 17 Agustus Dilakukan Pada Akhir Bulan

Berbeda tahun kemarin, dua hari setelah Upacara Bendera di lapangan Babulu diadakan Karnaval. Tahun ini, dilakukan setelah Jalan Santai dan pada akhir bulan Agustus.

Kurangnya informasi yang dimiliki, beberapa ada yang bertanya-tanya di medsos. Banyak sekali yang berpendapat, kapan akan dilakukan Karnaval di Babulu.

Sampai diketahui kalau Karnaval di Babulu tetap dilakukan. Meski ada sedikit perubahan sehari sebelum Karnaval. Pemindahan tempat Start-nya para Peserta Karnaval. Sedangkan Finish tetap di Lapangan Sepak Bola Babulu.

Karnaval berlangsung sangat meriah, meski cuaca saat itu panas untuk berjalan di Jalan Raya Babulu. Para Peserta Karnaval tetap semangat, menampilkan Kostum dan Busana unik serta kreativitas mereka.

Baca Juga Tentang :
10 Kostum Busana Unik Karnaval 17 Agustus

Sesampai di Lapangan Sepak Bola Babulu, para Peserta Karnaval dan menonton Karnaval berfoto bareng. Kegiatan Karnaval ini, berakhir sampai sore hari.

Baca Juga Tentang :
Karnaval Di Babulu Memperingati Dirgahayu RI Ke-73

Itulah Daftar 9 Kegiatan Pada Bulan Agustus Memperingati Dirgahayu RI Ke-73 di Babulu. Tidak semua Kegiatan saya datangi langsung ke lapangan. Ada beberapa Kegiatan yang tidak sempat saya datangi, karena minimnya informasi yang saya terima. Sebagian tulisan di atas juga adalah Opini dan pendapat saya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kostum Busana Unik Karnaval 17 Agustus Di Babulu

Kostum dan busana unik dalam Karnaval, biasa digunakan oleh setiap peserta Karnaval memang bermacam-macam. Mulai dari kostum busana keren sampai aneh sekalipun dapat dilihat dalam acara Karnaval. Bisa baca juga: Berbagai Acara Rayakan 17 Agustus Di Babulu Acara Karnaval di Babulu untuk memperingati 17 Agustus juga sangat meriah. Banyak peserta antusias untuk mengikuti Karnaval. Para peserta Karnaval menggunakan berbagai kostum busana unik. Mereka menggunakan kostum dan busana dalam Karnaval banyak mengambil berbagai tema, mulai dari tradisional sampai fantasi. Tetapi para peserta tetap akan menggunakan tema berhubungan dengan 17 Agustus tahun ini, Meskipun ada juga beberapa peserta Karnaval yang sedikit keluar dari tema 17 Agustus. Tetapi yang penting Karnaval dapat berjalan dengan lancar dan menampilkan berbagai kostum busana unik. Para peserta Karnaval menggunakan kostum busana unik, ada yang langsung ke tempat peminjaman busana, ada juga menggunakan kostum busana unik

10 Kostum Busana Unik Karnaval 17 Agustus

Menampilkan Kostum dan Busana unik , oleh peserta dalam memeriahkan Karnaval 17 Agustus. Berbagai kostum maupun busana unik, ditampilkan oleh warga Babulu yang mengikuti Karnaval. Mulai dari yang mewah, meriah, mencolok, sampai sederhana tetapi tetap terlihat unik. Acara Karnaval dalam rangka memperingati 17 Agustus, berlangsung sangat meriah. Terlihat banyaknya peserta yang antusias, mengikuti Karnaval dengan menggunakan kostum busana unik mereka. Entah itu kostum atau busana yang mereka buat sendiri dengan kreativitas. Ataupun menyewa kostum dan busana yang menurut mereka unik, untuk di tampilkan di sepanjang jalan raya Babulu. Warga Babulu juga sangat antusias, untuk melihat para peserta dan meramaikan Karnaval. Banyak tema yang digunakan oleh Peserta Karnaval, dalam Kostum dan Busana unik yang mereka kenakan. Mulai dari tema tradisional sampai fantasi, bahkan ada yang menggunakan tema bebas. Bebas menampilkan kreativitas dalam memilih kostum dan busana unik mereka. Beri

Video "Lamaran Si Ma'ul" Cerita Lucu Pendek Durasi 5 Menit

Berikut cerita lucu, video Lamaran Si Ma’ul Ingin berencana melamar pekerjaan, Ma’ul membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. Dimulai dengan mengetok pintu, entah kenapa dia mengurungkan niatnya, mungkin karena ragu. Akhirnya Ma’ul, memutuskan untuk ndak jadi mengetok pintu dan pergi. Memperhatikan sekelilingnya, ndak taunya dia berada di tempat sepi. Ma’ul pergi berjalan tanpa arah dan tujuan, sambil terus melamun. Di sepanjang perjalanan di awali dengan lompatan aneh, kaget menginjak ranting, hampir jatuh terpeleset dan menghindari orang, yang hampir menabraknya. Baru Ma’ul sadari dan kaget, ketika dia berhenti di sebuah kuburan. Ketika Ma’ul berjalan sampai di perkebunan sawit, dia langsung menyapa seseorang yang sedang membersihkan pohon kelapa sawit. Tapi, orang itu ndak mengenali Ma’ul, sebenarnya begitu juga dengan Ma’ul. Mengetahui niat dan maksud Ma’ul, pengurus kebun pun memberikan berbagai pertanyaan. Ma’ul bisa menjawab, semua pertanyaan itu dengan enteng. S